Jumat, 03 Mei 2013

Cara penularan HIV


BANYAK CARA PENULARAN HIV

Pemahaman tentang penularan HIV/ AIDS melalui hubungan suami istri memang tidak salah, namun virus mematikan tidak selalu menular melalui jalur tersebut.
Anggota DPRD Banjarnegara, Padmo mengatakan, selama ini tidak sedikit dari masyarakat Banjarnegara yang awam dengan penyebaran virus mematikan tersebut. Untuk itu, selain melakukan penanganan terhadap mereka yang sudah positif, juga diperlukan antisipasi dengan sosialisasi penularan.
“Selama ini kan tahunya menular lewat hubungan bebas, padahal ada cara lain virus itu menular ke masyarakat, seperti jarum suntik, serta lainnya. Ini perlu sosialisasi, sehingga masyarakat juga tidak mengucilkan jika di lingkungannya ada yang menderita ,” ujarnya.
Selain itu, bagi yang sudah positif, diperlukan penanganan dan perhatian khusus, termasuk melakukan deteksi dini terhadap masyarakat yang dinilai rentan terjangkit virus tersebut. Pemantauan dan pengawasan terhadap penderita dilakukan bukan untuk membatasi kreativitas, tetapi lebih pada pencegahan penularan virus. Karena mereka juga masih dapat melakukan aktivitas lain untuk tetap produktif.
“Semua tahu, fenomena ini seperti gunung es, sehingga penangannya juga berbeda. Yang terpenting, masyarakat memahami penularan virus tersebut, dan apa saja yang harus dilakukan untuk pencegahan,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar